Pengalaman punya mobil Chevrolet Zafira

Pertama kalinya ngerasain punya kendaraan eropa merupakan kebanggan tersendiri walau belinya second :) , yup jenis yang saya miliki adalah Zafira tahun 2000 keluaran dari Chevrolet america dan kemudian dimerger dengan opel german.

Pada awal punya kondisinya sangat cukup baik kalau diliat dari sudut padang kami sebagai orang awam yang tidak tau kondisi mobil, yang penting body ok, mesin beninig suaranya dan ngk ada kebocoran serta kelengkapan ok. Akhirnya karena kami sudah tertarik dari awal dibeli juga dech tuh zafira keluaran tahun 2000 dengan kapasitas engine 1800 cc.

Singkat cerita kami berencana membawa kendaraan tersebut untuk pulang kampung kemagelang melalui jalur pantura. dari Bekasi berangkat jam 9 malam waktu itu bulan februari kalau ngk salah dan berangkatlah kami sekeluarga melalui jalur pantura dan sempat merasakan jalan tol bakrie yang baru, selama diperjalanan tidak dirasakan adanya masalah yang berarti pada mesin dan kaki-kaki roda depan dan belakang, semuanya lancar-lancar saja, sampai akhirnya didaerah pemalang dikarenakan kondisi saya yang mengendarai sudah lelah saya dan keluarga akhirnya memutuskan untuk berhenti sejenak disalah satu masjid diaderah tersebut untuk istirahat dan melaksanakan shalat shubuh kebetulan jam sudah menunjukan jam 4:30 pagi. cukup cepat memang dari bekasi ke pemalang hanya ditempuh dalam waktu 7 jam.

Nah setelah selesai istirahat dan shalat, kami berniat melanjutkan perjalanan ke mangelang dengan perkiraan jam 10 pagi sudah sampai disana, namun ternyata kedaan berkata lain, mesin zafira tidak mau dihidupkan sama sekali padahal sebelumnya tidak ada gejala apapun yang menyebabkan engine shutdown, bahkan kami sempat mengisi bahanbakar dipombensin dalam keadaan mati dan dihidupkan kembali tanpa masalah.adaapakah gerangan????

padahal sebelum berangkat kami sempat melakukan pengecekan terlebih dahulu kebengkel resmi dibilangan kalimalang, memang sih waktu itu sempat diinformasikan oelh teknisinya bahwa coilnya dah harus diganti dikarenakan sudah jelek dan sama yang punya dulu cuman di solasi saja dengan selang aer..weeww..tapi karena dibilang masih bisa pakai ya sudah diakalin dulu aja karena uang yang kita punya cuman buat service standart aja..akhirnya saya coba call ke bengkel yang dikalimalang untuk dipandu pertolongan pertama, namun masih belum juga berhasil dan diputuskan untuk dilakukan Storing ke bengkel terdekat yaitu diaerah pekalongan yang merupakan bengkel resmi rekanan chevrolet.

Setelah dibawa dan dilakukan pemeriksaan diasumsikan problemnya adalah :

##ECU (Electronic control Unit)

##Coil (rangkaian pengapain yang terhubunglangsung ke busi dan ECU)

karena stok Coil di pekalongan ngk ada saya coba cari ke semarang cukup jauh memakan jarak tempuh 6jam bolakbalik sungguh melelahkan, setelah didapat sparepartnya dan dicoba dipasang engine zafira masih belum mau up, berarti tinggal satu suspect lagi yakni ECU. mengingat harganya yang tidak murah kami coba mintakan ke teknisi untuk dicarikan solusi perbaikan ECU tersebut dengan cara diservice namun masih belum juga membuahkan hasil padahal sudah 3-4kali balikan dari jakarta kalimalang karena servicenya hanya bisa dijakarta.

yasudah dikarenakan tidak bisa juga diperbaiki kami memutuskan untuk membeli yang baru walau harganya sangat mahal, kalau di belikan barang bisa mendapatkan satu motor Vario baru…wooow fatastis memang untuk semua ECU yang hanya sebesar kotak CD (Compact Disk), kendala selanjutnya adalah untuk programmingnya karena ECU baru tersebut masih kosong maka harus diisi program dan harus sesuai dengan IMO (Imobilizer) yang terpasang di kendaraan sebagai pengaman dan control unitnya…wah otomatis harus kembali ke pekalongan dan mencopot IMO tersebut…

Setelah IMO dicopot dan dibawa kejakarta selanjutnya diprogram ECU tersebut inipun banyak kendalanya dikarekan alat pemrogramannya rusak..akhirnya nunggu lagi…setelah selesai dan dengan banyak berdoa proses pemrograman telah selesai dan tinggal dipasang saja dikendaraan.

kamipun berangkat ke pekalongan malam hari dan tiba dipekalongan pagi hari benar benar jarak yang sangat jauh…setelah tiba langsung dipasang IMO dan ECU tersebut dikendaraan……dan…..alhamdulillah engine zafira kami kemabli menyala setelah 3 bulan lebih dalam kondisi mati tidak bisa hidup sama sekali…

Setelah dianalisa ternyata penyebab kerusakan adalah sbb :

##Kondisi coil yang sudah sangat jelek memicu percikan api pembakaran pada akselerasi tinggi sehingga kemungkinan terjadi kebocoran electrical akibat seal yang kurang baik dan menyebabkan coomponent ECU terbakar dimana fungsi ECU ini adalah untuk controling Engine apabila rusak maka engine tidak akan bisa menyala

##lebih baik mengganti barang yang sudah terindikasi bermasalah dibandingkan harus menunggu rusak dulu dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah

skrng kondisi mobil sudah cukup lumayan enak dan ada beberapa compenonen yang sudah mengalami penggantian dengan yang baru yaitu :

  • Filter bensin
  • Filter udara
  • Filter Oli
  • ECU
  • Coil
  • Air Mag
  • Canvas Rem Depan Belakang
  • Fuel Pump
  • Selang Radiator

Selanjutnya saya akan melakukan service untuk penggantian packing oli pada block mesin dikarekan adanya kebocoran oli pada bagian bawahnya dan bengkel yang saya percayai yaitu bengkel bapak RIYANTO AAC motor yang ada dibekasi, beliau adalah specialis mobil chevrolet dan opel dan biayanyapun cukup masuk akal tidak seperti bengkel resmi yang cukup mahal karna sifatnya resmi dan sudah punya nama.

kalau teman-teman ada yang punya kendaraan chevrolet maupun opel saya rekomended ini bengkel cukup memuaskan kerjanya dan dengan biaya yang masuk akal…

adapun alamatnya adalah :

jl Siliwangi, dekat pintu kemang pratama 3 namanya AAC Motor

Contact person pak Riyanto 0818187206 jangan lupa kalau kesana bilang dapet referensi dari bayu yah….

salam pengguna chevrolet

About these ads

13 Comments

  1. didik said,

    November 16, 2010 at 7:47 am

    udah gabung ke milis om.
    id-zafira@yahoogroups.com
    banyak tips dan sharing para pengguna sapi.
    bengkel ACC memang salah satu yg direkomendasikan.

    Z-047

    • bayu said,

      November 16, 2010 at 10:18 am

      Belum om, boleh juga tuh ijin bergabung yah…

  2. electric_bit said,

    February 20, 2011 at 9:44 pm

    mas bayu, kebetulan saya mau beli chevrolet spark second,
    kali aja ada masalah saya, mo tanya bengkel yang AAC Motor itu kemang pratama tiga yang mau masuk ke pekayon kan ya pak?
    thanks

    • bayu said,

      March 21, 2011 at 10:20 am

      boleh mas silahkan datang aja ke jalan raya siliwangi, bekasi barat dekat dengan kemang pratama 3 bisa hubungi dengan pak Riyanto 0818187206

  3. silkum said,

    March 18, 2011 at 6:43 pm

    terimakasih informasinya mas bayu.
    ada renncana nih ambil zafira second :-(, jadi pikir2 lagi.
    kira2 apa aja ya yg kita jadikan acuan khususnya mobil second zafira ?
    untuk ECU itu standar nya berapa tahun sekali harus ganti ya?

    terimakasih

    • bayu said,

      March 21, 2011 at 10:30 am

      Saran saya sih mas, kalau punya kenalan orang bengkel chevy, lebih disarankan sama mereka kalau mau check kondisi engine dan electricalnya, karena mereka lebih hafal benar seluk beluknya.

      kalau ECU, selama tidak ada kerusakan yang mengakibatkan ECU itu bermasalah, seharusnya ECU bisa awet cukup lama. kalaupun mengalami kerusakan saya yakin ada hal yang memicu kenapa ECU itu menjadi rusak.

  4. cha cha said,

    May 15, 2011 at 8:42 pm

    mas bayu , aq juga lg gondok bgt nich .. beli seken aveo lt m/t 2004 di sorum mbl yg cukup beken di smrg … 1mggu pertama ok, slanjutnya … eng ing eng .. rpm naek turun klo ac idup , blom lg nyendat2nya … trusz dibawa ke bkl resmi chevy smrg , ternyata ECU nya harus diganti .. manee harga nye muahal .. widiuwh … hmmh , ms bayu punya rekomen gak bengkel di smrg yg teknisi nya jago soal chevy trutama soal ECU .. cosz i need de seken opinion about diz one … plisz reply me , thanks a lot before ..

    • bayu said,

      June 8, 2011 at 9:55 am

      Duh maaf mas atau mbk neh manggilnya, saya baru buka buka blog saya lagi,
      hmm kalau disemarang saya kurang tau tapi kalau saya search di google kalau ndak salah ada yang direcomended bengkelnya yaitu :

      Jl. Menoreh Raya No. 70A SampanganS e m a r a n gSMS/CALLCDMA : (024) 70546006 CALL ONLYGSM : 081 3937 197 29 SMS /CALL
      YM :agung_clinic Email :agung_clinic@yahoo.comagung.clinic@gmail.com

      sumber : http://agungclinic.blogspot.com/

      semoga bermanfaat ya
      salam

  5. dedek said,

    May 28, 2011 at 10:12 am

    Halo mas,

    Saya berencana beli zafira elegance AT, tapi susah bgt cari barangnya.
    Sementara sambil nyari2, saya banding bandingkan sama estate.
    Mohon pencerahannya soal info:
    1. recommend yg mana
    2. Pasaran untuk cd at 2004 dan elegance at 2004 berapaan ya?
    3. apa2 yg harus di periksa pas mau beli? Kalo pas deket tempat mas riyanto, kemarin saya minta tolong beliau ngecek. Tp kalo pas jauh agak repot juga, karena mobil lama dah di lego.

    Terima kasih

    • bayu said,

      June 8, 2011 at 10:34 am

      Halo mas dedek,

      Wah mau jadi member zafira juga yah :)
      iya memang agak sulit, kalau pun ada hanya showroom tertentu saja yang jual karena limited edition
      kalau ditanya recomended yang mana saya juga binggung mas..hehe setau saya semua zafira nyaman buat di tunggangi :) kalau untuk detailnya pak Riyanto masternya..
      coba iseng2 ngobrol ama beliau, enak kok orangnya terutama soal mesin dan kelemahan dari zafira apa aja
      jadi kita bisa aware saat memilih kendaraan yang mau kita beli.

      sedikit tips dari pak riyanto dan pengalaman saya bolak balik bengkel cevy
      - jangan mudah ketipu dengan body yang mulus, umumnya hasil polesan kalau di showroom
      - check kelengkapan surat2 dan tools kendaraan itu dah pasti
      - zafira punya penutup engine di bagian dasarnya “bawaan pabrik”, coba di check masih ada atau ngk soalnya yang punya saya dah ngk ada dari yang empunya
      - buka kamp mesin, check kondisi cable-cable apakah masih original atau sudah main “short cut” by pas sana sini, kalau dah kayak gt dah ngk bener mending cari yang lain
      - check blok mesin ada rembesan oli mesin atau ngk
      - check kondisi batree accu
      - check kondisi coil “penting”
      - check ssytem pendingin mesin “radiator coolan system” dari muali Fan dan selang-selang radiatornya
      - Fan Zafira memiliki 5 speed untuk system pendinginnya pastikan sensornya bekerja
      - masuk ke cabin check sensor sensor yang menyala pada dasborad rpm seperti (check engine, oil sensor, fan sensor etc)
      - pastikan apabila sudah di starter kondisi lampu fan, check engine dan indikator oil off apabila menyala berarti ada yang tidak beres
      - oiya kelupaan check kondisi oli mesin dan oli transmisi

  6. jun said,

    May 28, 2011 at 4:18 pm

    mas, posisi ecu ad dimana….maksud sy di kap mesin ato di dlm kabin….tepatnya dimana ya?
    dan coil yang hrs diganti kondisinya seperti apa, apa bisa diliat dengan mata atau hrs tes pake alat canggih?
    tolong bales ya mas…..tks.

    • bayu said,

      June 8, 2011 at 10:13 am

      Halo mas jun,

      untuk posisi ECU zafira lokasinya berada menempel pada blok mesin dibelakang agak tersembunyi, bentuknya kotak kurang lebih seperti yang ada di website ini

      http://www.ecutesting.com/vauxhall_vectra_zafira_astra_1.html

      untuk coil , apabila kondisi pipa karet yang terhubung langsung ke busi sudah pecah atau retak-retak sudah waktunya harus diganti, “ingat jangan diakalin dan diganti dengan selang karet atau pipa lainya”
      jangan sampai kejadian yang saya alami menimpa temen2 semua.
      kenapa demikian karena dari busi menghasilkan percikan pengapian yang cukup besar untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna terutama dalam rpm yang tinggi, apabila sealnya bocor akan mengacaukan electrical engine yang lainnya terutama ECU “bahasa awamnya konslet”, secara cevrolet hampir semuannya sudah menggunakan sensor controller yang saling terkoneksi satu sama lainnya.

      untuk melihatnya mudah kok tinggal buka kap mesin, buka dop plastik yang ada tulisan nya ..apa ya saya lupa
      trus kebuka dech coilnya, bentuknya persegi panjang dan didalamnya banyak terdapat kumparan yang dipatent oleh pabriknya dulu saya beli sekitar 3,5 juta ngk tau skrng
      buka bautnya dan lepas konektornya trus angkat, check kondisi selangnya dan kualitas businya, kalau ngk mau ribet ya dibawa kebengkel aja untuk dicheck sekalian di tune-up
      kalau dibengkel resmi biaya tuneup sekitar 2 jutaan sudah termasuk ganti component seperti :
      - filter udara
      - busi-busi
      - setting engine dan check engine dan semua sensor2
      - filter bahan bakar dll

      salam pengguna zafira

  7. dika said,

    July 12, 2011 at 5:28 pm

    Untuk mbak chacha: dari pengalaman saya dengan keluhan serupa, kata montir chevy kesimpulannya adalah akibat soket sensor yg kotor, dan setelah dibersihkan memang langsung hilang keluhan RPM naik turunnya.
    Btw, adakah forum khusus aveo? Terima kasih atas jawabannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: